Apple Melanggar Hak Cipta

Posted by Baru Tahu

Kamis, 30 April 2009 | 09:32 WIB
 
Apple dituding melanggar hak cipta? Ya, begitulah tudingan yang dicetuskan oleh Bluwiki.com, sebuah situs yang baru saja memuat diskusi hangat mengenai open source pembuatan iPhone dan iPod pada software selain iTunes.

Di sinilah masalahnya, Bluwiki.com menuding Apple telah melanggar hak cipta karena Apple secara tiba-tiba menyensor artikel yang berisi diskusi tersebut. Diskusi online yang dibuat oleh BluWiki.com menitikberatkan pada adanya kemungkinan pembuatan software iPhone dan iPod pada manajemen media lainnya, seperti Winamp atau Songbird. Hal tersebut tentu saja dapat memotivasi pengguna PC Linux untuk terkoneksi dengan perangkat keras Apple tersebut (iPhone dan iPod), pasalnya sejauh ini Apple tidak membuat versi iTunes untuk dijalankan di Linux.

Kasus tersebut dapat menjadi bukti betapa pentingnya batasan Digital Millenium Copyright Act, sehingga protes terhadap adanya pelanggaran hak cipta dapat dilakukan. Electronic Frontier Foundation (EFF) dan OdiWorks (perusahaan operator dari situs BluWiki.com telah mengajukan tuntutan pada Senin (27/4) di pengadilan San Fransisco. "Saya menyatakan kebenaran mengenai hak yang dimiliki pengguna BluWiki. Perusahaan seperti Apple tidak seharusnya menyensor diskusi online yang sah secara hukum karena BluWiki.com bertindak langsung sebagai host," kata Sam Odio (pemilik OdioWorks).

Di lain pihak, Apple justru menolak berkomentar di hari yang sama, namun tidak pula berniat untuk menunda-nunda acara pengadilan."Ancaman Apple adalah mengenai sensor pada artikel BluWiki.com dan bukan untuk melindungi hak cipta mereka. Sebenarnya sah saja untuk memadukan teknologi yang akan membuat sebuah produk lebih berkompeten, sah pula untuk melakukan diskusi mengenai apapun di situs umum seperti BluWiki.com," kata Fred von Lohmann (staff pengacara senior EFF). (Indah PM)

Sumber : http://www.infokomputer.com

Related Post



Post a Comment