• Mechanical Enginering Jobs

  • IT Engineering Jobs

  • Civil Engineering Jobs

  • BUMN Jobs

  • Banking Jobs

  • Economics and Finance Jobs

  • Online Business

MEMBUAT DVD WINDOWS XP KREASI SENDIRI.



Sudah ada CD Windows XP yang original ?, Belum ada ?, sama dong,,he,,he,,Abisnya mahal bener, jadi pinjem dulu dengan tetangga. 'ntar kalo udah punya usaha sendiri, baru beli dach.
Ni sekedar info, bagi-bagi cerita.

Waktu liat temen install windows XP, dikarenakan PC nya terkena virus yang megharuskan tu PC di format dan di install ulang, gue jadi mikir, repot bener. Setelah selesai instalasi Windows XP, kan harus nginstal aplikasi-aplikasi/Software yang lainnya. Buka tutup DVD ROM untuk Instalasi aplikasi-aplikasi seperti anti virus, Office, dll. Kasian jg tuch DVD ROM nya. Kenapa ga' disertakan saja aplikasi or software-software pilihan kita dalam satu keping DVD windows XP karya kita sendiri?. Kan jadi hemat waktu, ga' repot harus ngurusin banyak cd aplikasi.

Udah tau caranya,,,?

Siapin Software BBIE (Bart`s Boot Image Extractor). Bisa didownload disini. Filenya berukuran 40 kb. Fungsi dari aplikasi ini adalah mengeluarkan file image yang berfungsi untuk booting pada suatu CD atau DVD yang bootable, misalkan disini adalah untuk mengeluarkan image dari CD original windows XP.

Masukkan CD original windows XP ke DVD ROM. Disini, drive tempat CD Windows XP berada adalah di drive G. Tergantung masing-masing PC.

Copy file bbie.exe ini pada hard disk. Misalkan disini Aku copy ke hard disk pada directory C (drive C).

Kemudian, klik start / run, ketikkan perintah c:/bbie.exe g: (catatan : C merupakan tempat dimana kita menempatkan file bbie.exe tadi, sedangkan g merupakan tempat CD windows XP/DVD ROM)

Enter, akan muncul jendela command prompt seperti dibawah ini, yang berarti proses pembuatan image bootable dari cd windows xp sedang diproses..
 
Setelah selesai, buka windows explorer, lihat pada directory C (drive C). Ada satu file dengan nama "image1.bin" (kalo tanpa ekstensi namanya jadi "image1"). File inilah yang akan kita gunakan untuk proses pembakaran DVD windows XP kreasi kita.

Lanjut Bro,,,?
Sabar ya,,,nyulut cerutu, mau masuk proses pembakaran.


Proses pembakaran DVD.

Copy keseluruhan isi dari CD windows XP ke hardisk. Misal Copy di directory C, buat folder baru misalkan CD XP.

Buka aplikasi Nero, pilih "Nero Burning ROM".
Akan terbuka jendela New Compilation seperti dibawah, cancel dulu untuk memilih drive, pastikan drive yang terpilih adalah drive "DVD-RW" bukan "Image Recorder" karena tujuan kita untuk mebakar DVD. O Ya,,, ampir lupa. Sebelumnya keluarin cd original windows XP, lalu masukkan DVD-R/DVD-RW kosong yang akan kita proses/bakar/burn ke drive DVD.




 
Setelah dipilih drive "DVD-RW", pada jendela yang sama pilih "New", dan akan terbuka kembali jendela New Compilation. Pilih DVD, kemudian pilih DVD-ROM (ISO). Pada tab multisession, pilih "Start multisession disc". (kenapa kita pake "Nero Burning ROM" ga' pake "Nero Express ?, 'ntar dijelasin pada bagian akhir postingan ini yach). Pada tab label, isikan nama DVD sesuai dengan keinginan kita. Misal disini Aku namai dengan "CD_XPKU". Setelah itu klik "New" untuk drag/memasukan semua file yang akan kita burn.

 
  
  
Masukkan semua file windows XP yang sudah kita copy pada drive c di folder Cd xp ( Lihat gambar dibawah).

 
 
 
Selanjutnya drag/masukkan file image (image1.bin) pada drive c yang kita buat dengan BBIE sebelumnya.

 
  
Langkah berikutnya, buat folder baru, misalnya folder "APLIKASIKU", kemudian masukkan file/folder aplikasi/software pilihan kita yang akan disertakan dalam DVD windows xp ini kedalam folder "APLIKASIKU" tadi. Disini Aku contohkan dengan memasukkan software AVAST anti virus.

 
  
Masukin semua dach aplikasi pilihanmu ke folder "APLIKASIKU" sampe muatan maksimum ( satu keping DVD kapasitasnya 4,7 Gb). (4,5 Gb udah cukuplah). Setelah selesai, klik "Burn".

 
Akan tampil jendela "Burn Compilation", Klik "Burn" lagi.

 
Proses pembakaran DVD Windows XP kreasimu sedang diproses, lamanya tergantung dari banyak sedikit file/aplikasi yang kita masukkan. Kalo mau, silahkan pipis dulu. 'ntar pipis dicelana lagi,,,repot bro...

 
Catatan tambahan :

Kelebihan "Nero Burning ROM" dari "Nero Express" adalah : DVD-R yang udah diburn/dibakar, masih bisa kita proses kembali (diburn kembali). Bukan menghapus data yang lama, tetapi hanya bisa menambah data baru, bahkan bisa sampe 3 kali (kalo lebih belon pernah nyoba bro, keburu penuh DVD nya). Dengan syarat masih ada kapasitas DVD-R yang tersisa. Syarat lainnya, waktu proses burning/pembakaran yang pertama kali, harus dipilih "Start multisession disc" seperti cara proses burning/pembakaran (gambar 5).


Truz gimana caranya?.

Sama dengan Proses pembakaran dengan menggunakan "Nero Burning ROM". Hanya ada perubahan sedikit Pada tab multisession, yaitu dengan memilih "Continue multisession disc". Coba aja menambah file ke DVD windows XP yang udah jadi barusan.

 
Klik "New" kemudian akan tampil jendela seperti ini.

 
Klik OK. Akan tampil jendela untuk drag/memasukan file. Lihat pada jendela paling kiri, tampak teks pada semua file yang sudah ada didalam DVD berwarna pudar. Sedangkan file yang baru kita masukkan teksnya akan berwarna terang.

 
Selanjutnya tinggal Burn.

Silahkan mencoba. Good luck.

Filed Under:

Computer Tips

About the Author

Hai all, Welcome to Baru Tahu. This Blog Written in indonesian Languange and English next time, about Internet News And all Jobs Vacancy.

17 comments

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Anonymous says:

    Cobain dulu.

     
  2. Anonymous says:

    trus gimana klo aplikasi yang menggunakan serial number,gmn carax bos?

     
  3. Baru Tahu says:

    Maksudnya Apaan boz, Aplikasi yg mana pake serial Number?

     
  4. Anonymous says:

    misalnya klo pke ofice 2007,ato photoshop,klo di instal biasa kan diminta SNx,dengan cara ini perlu tidak kita masukin SNx,tlng dijelasin.,aplikasi apa sj yg udah pernah di kreasikan dng windows? thanks boz.

     
  5. Baru Tahu says:

    Ini Artikel bukan buat DVD/CD windowsXP yang autorun dengan aplikasi2 tambahanny, tp windowsXP autorun yg mng ikutsrtakn semua aplikasi2 piliham kt dlm satu keping DVD/CD. instal aplikasinya tetap manual setelah proses instal win xp. Jd ga repot harus keluar masuk CD aplikasi pd Drive CD/DVD rom.

    Mudah2an kedepanny bs sy Posting tentang DVD/CD windows yang otomatis dengan aplikasi tambahan kt. Sy prnah coba untuk aplikasi yg tidak mmbutuhkn SN sprti WINAMP free, n sukses. Klo pake SN, sprtiny susah ya. Biar jd PR bwt sy di kmudian hr.

     
  6. Anonymous says:

    Ok.thanks bos,
    Sukses bt anda...
    ditunggu postingnya.

     
  7. Anonymous says:

    banyak cakap...tak fungsi..

     
  8. Baru Tahu says:

    Banyak cakap??? Justru karena banyak cakap itu agar orang2 sperti anda bisa memahami. Kalau anda menerapkan langkah2 diatas tanpa kekeliruan dr anda sndiri, 99 % saya jamin berhasil. Karena yang saya tulis ini adalah pengalaman pribadi saya, bukan asal copy paste. Coba ulangi dg lebih teliti, pake CD-RW ataw DVD-RW, jika trjadi kesalahan, CD / DVD nya bs di hapus lg.

     
  9. Anonymous says:

    aplication GAME yg ak pinjam dari RENTAL GAME nebuat ak pusing coz ngeRENTAL ya Harus dibalikin Tp ak blom puas maennya tp apadaya setiap maen GAME perlu CD/DVD yg aq Pinjama al hasil ak ada ide ak copy ke PC ku semua aplication yg ad di CD/DVD yg ak pinjam t7an biar ak bia maenin lain hari TP eh ternyata......aplicationnya nga' bs brkerja :(( sia2 ak cr solusi tanya kemana-mana sampek kembah marijan dgn hasil yg beginilah begtulah tp tetap ngak ada g bisa menjawab inginku:-/....ada solusi ngan teman ats mslhku n ap mungkin bisa ak bakar lwt nero ROM untuk ngbuat auto aplication. tlg ya....Add me YM Ceper_boy@yahoo.co.id. ak tgu ya coy........segera klau bisa uda kebelet ni pengen maen game lg........sorry kepanjangan............................:d

     
  10. Baru Tahu says:

    Coba baca lagi di sini , Cara membuat cd Image Games.
    Kalau CD game nya ga di proteksi, dengan cara ini bisa. Tapi kalau cd game nya di protect, ada sofftware khusus untuk membuat image nya.

     
  11. Anonymous says:

    saya sudah coba jalankan sesuai aturan yang ditulis diatas. tapi setelah coba booting tak bisa autorun xp instalnya.
    mohon pencerahannya

     
  12. GUNDALA says:

    UDAH KADALUARSA YG BEGINI INI GUWE UDAH DULU SEKALI BIKIN KAYAK GITU..WAH LOE KETINGGALAN JAMAN

     
  13. Baru Tahu says:

    @ GUNDALA

    O gitu ya,,, namanya jg BARU TAHU :-)

     
  14. remox says:

    btw tuh nero versi brp?

     
  15. Bhasworo says:

    hunh... gtu aja dibikin ribut :(

     
  16. dion says:

    kok punya saya invalid read ya? makasih sebelumnya kk^^ program img extractornya ada di G:/ trus cdnya ada di H:/ jadinya kan G:/bbie.exe H: jadinya tapi invalid katanya device is not ready.... padahal CD ROM drive saya baek2 aja tu kk.... ada solusinya? ~DION

     
  17. Anonymous says:

    klo mau gampang pake poweriso aja bro...
    bikin image xp, buka image-nya tru lsg tambah di situ.
    klo udah, tinggal burn lagi ke dvd.
    ga pake repot... :D

     

Leave a Reply