Sulitnya menembus angka 90 di raven seo tools

Posted by Baru Tahu

Iseng iseng googling, cari  cari referensi buat belajar seo dan nerapinnya di blog ini. Memang, ga ada habisnya untuk pelajaran yang satu ini. Penuh tantangan, dan tidak sedikit waktu yang saya habiskan sekedar nerapin aturan yang sudah ada sampai mencoba memodifikasi dengan cara saya sendiri, yang akhirnya malah membuat tambah pusing 7 keliling :D . Dengar-dengar (ga dengar sich, tapi baca :D ) dari pakarnya, metode yang di terapkan juga flexsibel. Dari tahun-ketahun juga berubah. Misal, untuk pemakaian meta tag, ada yang berpendapat perlu, ada juga yang mengatakan tidak perlu lagi. Karena mesin google sekarang sudah canggih. Terlepas dari masalah itu, yang masih baru belajar otodidak, tanpa guru langsung seperti saya, tentunya bingung kiblat mana yang harus di ikuti. Ya,, kalau logikanya, saya ngikut aturan main dari para pakar dengan artikel artikel terbarunya. Contoh untuk setting meta tag, kalau di pikir-pikir, sudah hampir dua puluh kali blog ini jadi korban percobaan. Mulai dari pasang meta tag description dan keyword yang hanya mengikuti meta tag pada halaman utama, sampe dua minggu yang lalu, meta tagnya sudah ga kaku lagi alias meta description dan keywordnya bisa ber beda- beda pada setiap postingan tanpa harus menambahkannya secara manual pada template.

Ngomong-ngomong masalah template, Ada satu tool online buat cek langsung sebuah design template / theme beserta isinya, apakah se friendly atau tidak. Namanya Raven Internet Marketing Tools, saya singkat saja  RAVEN SEO TOOLS. Tool ini memberikan skor antara 0 sampai 100. Awalnya, saya coba tes blog seo yang selama ini sering saya curi ilmunya di sana :D. Blog belajarseo dot com punya Mas Abil Warszawa. Dengan raven seo tools, blog belajarseo dot com mendapatkan skor 90, hampir mendekati sempurna. Wajarlah, beliau memang pakar seo. Lagian templatenya belajarseo.com memang simple, bersih dan sederhana tanpa widget pihak kedua. Na, yang bikin saya salut lagi, setelah saya cek validasi HTML, XHTML, SMIL, MathML di http://validator.w3.org,,, Busyet 100 persen valid. Salut dach.

Blog yang kedua adalah blog pemenang dari kontes seo, RZSV dengan SDSA, http://bisnis-online-internet.blogspot.com/. Saya pribadi sangat salut dengan blog ini, bagaimana tidak, sama-sama pake blog gratisan dari blogspot bisa begitu. Iseng saya cek juga pake raven seo tools, skornya sama dengan blog belajarseo dot com yaitu 90. Untuk valid XHTML nya masih ada 56 error.

Blog terakhir yang saya tes adalah blog yang super SE Friendly, ya blog inilah :D. Waktu pertama ngecek pake Raven Seo Tool, busyet,, skornya cuma 50. Jangan ditanya untuk validasi xhtml nya, gila-gilaan. Erronya sampe 197. Nah,,, dari itulah,, karena merasa penasaran, akhirnya saya obok-obok settingan template blog ini. Intinya, bagaimana supaya Blog SE friendly ini bisa mencapai skor 90. Lama,,, ampe ga ingat lagi mandi sore :D. Akhirnya, nyerah dech, Skor terakhir yang di dapat tetap pada angka 75. Memang sich, bisa mencapai angka 90, tapi itu harus / tanpa widget yang terpasang pada template ini, weleh weleh, gimana tu. Ya sudahlah, yang penting ada hasil dan saya bisa tahu apa saja kesalahan pada template yang saya pakai. Hanya, yang masih membuat penasaran dan rasa ingin tahu yang dalam, kok bisa ya, blog bisnis-online-internet.blogspot dot com mencapai angka 90 dengan tetap memasang widget pihak kedua, padahal sama-sama pake blogspot ? Ajarin dunk Boz Benny, kok bisa ngilangin (target) ?, saat saya pasang widget html, slalu itu (target) yang jadi masalahnya. Pusing dah, akhirnya tak pulangin lagi semua widget seperti sediakala, walau harus ada masalah (script language, target, center) yang penting skornya ga lg 50.. O ya,, ngomong-ngomong, Selamat atas kemenangannya di kontes Rusli Zainal Sang Visioner dan Stop Dreaming Start Actions, bagi-bagi  ilmunya ya Boz, duitnya saya juga mau :D.

Akhirnya,,, berani saya katakan, Sulit menembus angka 90 di raven seo tools. Tapi, Itulah enak dan susahnya belajar dan nganalisa sendiri, kebanyakan ngawurnya :D

Related Post



dani said...

IMO, kalo doctype-nya strict, dan bener-bener strict--tanpa inline CSS, sepertinya bisa lebih dari 90. tapi apalah artinya itu. toh google punya aturan sendiri. :) basic website review dot com juga punya aturan yang berbeda.

Jeri said...

Ooo,,, Gitu ya mas Dani, Tp ada ke asyikan tersendiri kalo Bisa tembus ke angka 90. Iseng coba-coba buat optimalin blog.
Thanks Info n Kunjungannya Mas.

dani said...

ato bisa coba seo validator (kalo belum nyoba)..googling aja (lagi) :)

farisvio said...

okeee

Post a Comment