• Mechanical Enginering Jobs

  • IT Engineering Jobs

  • Civil Engineering Jobs

  • BUMN Jobs

  • Banking Jobs

  • Economics and Finance Jobs

  • Online Business

Bootable Windows XP dengan Flash Disk




Kilas balik sebelum percobaan membuat Bootable Windows XP pada USB Flah Disk, kira-kira satu bulan yang lalu, yang menginpirasi untuk mencari dan melakukan percobaan langsung membuat satu flash disk yang di dalamnya terdapat windows XP yang Bootable. 



1. Ibrahim

Ibrahim namanya, tapi bukan Ibrahim temannya Noordin M Top. Ibrahim ini adalah teman satu kost dulu di palembang. Nama panggilan kesayangannya persis dengan nama mantan vokalisnya Ada Band, Ba'im. Ba'im dulu punya komputer super canggih di zamannya, pentium 4 dengan kecepatan 2,4 Ghz, dengan komputer inilah dia mengetahui segala sesuatu yang berbau teknologi komputer dari hardware sampai software (Sekarang sudah di level Lamer). Komputer itu pulalah yang sangat berjasa menghantarkan Ba'im menyelesaikan jenjang pendidikan yang menjadi kebanggaan ke dua orang tuanya, tentunya dengan hasil akhir yang sangat memuaskan. Ba'im punya hoby menonton dan mengoleksi film-film DVD, yang saya heran, hampir seluruh koleksi DVD non lokalnya adalah bajakan, kecuali untuk koleksi film lokal, Nasionalis sepertinya. Selain mengoleksi DVD film, hoby lain Ba'im adalah olahraga syaraf. Sampai-sampai rela ke warnet sendirian demi mencari game-game catur. O ya, game kesayangan lain nya adalah Stronghold Crushaders, ini adalah games favorit kami dimasa lampau ( jadi ingat bulan puasa dulu ). Seiring dengan perkembangan teknologi, dia pun tidak mau kalah dengan anak muda zaman sekarang seperti saya. Di rasa Komputer pentium 4 nya sudah tidak memenuhi kebutuhan di era teknologi zaman sekarang, Ba'im pun sharing ke saya. Singkatnya, Ba'im mau beli notebook / laptop baru untuk menggantikan Komputer Pentium 4 nya. Dasar loe Im, habis manis sepah di buang. Tapi, katanya ga di buang, hanya di pindah ke tempat lain di Sekayu at Home. Waktu itu Ba'im minta pendapat antara laptop merk Acer dengan Laptop merk Toshiba, (tipenya lupa) saya kasih saran ambil toshiba saja, itu kalau di lihat dari spesifikasi hardware nya. Ga tahu kenapa, akhirnya si Ba'im ga jadi beli kedua-duanya ( Buntu Ce ? ). Ba'im lebih memilih Netbook Acer Aspire one AOA150 . Sekarang kendalanya baru di rasa. Bingung si Ba'im saat mau instalasi Windows XP. Netbook mungil jenis ini kan ga ada CD or DVD Romnya. Nah loe, gimana tuh. Waktu itu dengan enaknya saya sarankan untuk beli DVD Rom external, selesai urusannya. Im, mumpung loe belum beli DVD Rom externalnya nya, saya ada sedikit percobaan membuat Bootable Windows XP ke dalam USB Flash Disk. Jadi baca terus kelanjutan oce.



2. Utie

Nama lengkapnya Suryawati, di panggil Utie. Saat ini kerja di salah satu Dealer motor terkemuka dengan brand yang sangat terkenal, di Muara Enim. Dia sudah saya anggap seperti adik sendiri. Seminggu yang lalu, Utie SMS minta pendapat, kira-kira begini bunyi nya :
K nanyo dikit klo laptop
NB ACER ASPIRE ONE P531-0BK
  • iNTEL Atom Processor N270
  • Genuine Windows XP HOme Edition
  • 1GB DDr2 RAM,160GB HDD
  • 10,1"i
  • Bluetooth V2.1 w/Enchanced Data Rate.
Bagus dak tu k.adk nak beli laptop tp bingung krna dak ngerti gek takut dak bagus.

Waktu Itu saya jawab : memang ni netbook murah, tp susah kedepannya kalau ada trouble pada software windowsnya, gimana instal ulang sistem operasinya kalau DVD rom nya ga ada.


Setelah itu, baru terlintas dalam fikiran, kenapa ga mencoba membuat USB Flash disk yang di dalamnya sudah ada OS Windows XP bootable. Kan komputer dan laptop serta NetBook zaman sekarang umunya sudah memiliki fitur yang bisa mem boot melalui USB flash disk. Kenapa ga di cobain. Akhirnya, mulai percobaan dengan menggunakan software nero dan n lite, prosesnya hampir sama dengan membuat DVD Windows XP kreasi sendiri. Kekurangan membuat bootable flash disk dengan nero dan nlite ini, prosesnya terlalu panjang dan ribet untuk di praktekin. Maunya yang simpel tapi pasti. Cari-cari referensi software di internet, akhirnya ada satu software yang menjawab rasa penasaran ini, namanya PeToUSB v3.0. Software ini bekerja melalui mode command prompt ( saat prosesnya nanti ). Klik di sini untuk men download software dan file pendukung lainnyanya. Atau kalau mendalami tentang PeToUSB v3.0, silahkan kunjungi situsnya di http://GoCoding.Com.



3. Langkah langkah membuat Boootable Windows XP dengan Flash Disk

For My Friends Ba'im, are you ready ? Pinjam dulu komputer teman ( Komputer Fajri, yang bebas Virus ) yang ada CD atau DVD Rom.

  • Siapkan Flash Disk, Menurut sumbernya, flash disk yang di gunakan jangan lebih dari 2 Gb, di kwatirkan akan bermasalah pada file sistem nya. ( Saya menggunakan Flash Disk 4 Gb Merk Transcend, dan tidak ada masalah. Saya sarankan pake flashdisk jangan kurang dari 1 Gb, untuk menyalin CD windows XP nya )
  • Lakukan Back Up pada flash disk, Copy dan pindahkan seluruh datanya ke harddisk.
  • Masukkan CD windows XP kedalam CD atau DVD Rom.
  • Setelah di download, silahkan extract folder Bootable USB Flash Disk menggunakan winrar atau winzip.
  • Setelah di Extract, Jalankan File bat dengan nama Bootable USB Flash Disk. Akan tampil gambar seperti dibawah ini. "Pres any key to continue...." silahkan tekan sembarang tombol untuk melanjutkan proses.


 

  • Ada 3 opsi pilihan yaitu P, H dan N seperti gambar di bawah. Ketik huruf P pada command prompt lalu enter


  • Akan tampil gambar PeToUSB seperti dibawah ini (Jendela command Promt nya jangan di close), silahkan beri nama flash disk pada kolom drive label. Langsung Klik start. Muncul jendela Pop Up "Continue?" tekan "Yes". Muncul jendela Pop Up lagi "Are You Sure You Want To Continue?" tekan "Yes". Proses format flashdisk akan berjalan. Setelah proses format flash disk selesai, Selanjutnya silahkan close Software PeToUSB.


  • Klik lagi pada jendela command prompt, tampilan gambarnya seperti dibawah ini, dengan beberapa opsi perintah angka dan huruf. Silahkan tekan angka 1 kemudian enter untuk memilih dimana meletakkan CD windows XP, sebagai contoh DVD Rom saya letaknya di F. Pada jendela "Browse For Folder" Pilih F kemudian tekan OK. 


 


Lalu akan muncul jendela pop up seperti ini



Tekan No, dengan tujuan agar instalasi windows xp nanti akan berjalan tanpa harus memasukkan lagi Serial number, settingan tanggal, waktu, user name, password dan sebagainya. Tahu-tahu instalasi sudah sampai pada layar welcome screen.

  • Langkah selanjutnya setelah memilih No, akan tampil beberpa jendela pop up yang harus di isi. Isi nama pada jendela Give Owner Full Name, Isi nama organisasi, Isi Serial Number Windows XP dan jangan sampai keliru, Isi nama Komputer, Isi Administrator Password atau di kosongkan, Isi format waktu misalnya untuk asia isi dengan angka 205, Isi Workgroup atau biarkan saja, terakhir klik oke.


 

 

 

 
 
 

 

 

  • Kembali pada jendela Command Promt, ketik angka 3 dan enter, selanjutnya proses copy instalasi windows XP ke USB Flashdisk, ini akan memakan waktu kurang lebih 15 menit.


  • Setelah proses copy selesai, akan muncul jendela pop up seperti dibawah ini. Klik Yes. Kemudian pada jendela Command Promt "Pres any key to continue...." silahkan tekan sembarang tombol, jendela command prompt akan keluar dengan sendirinya. Artinya, Flash disk sudah siap dengan file-file instalasi windows xp didalamnya. Silahkan lepas USB Flash disk nya Im, selanjutnya kita akan memulai proses instalasi windows XP di NetBook mu.


 



4. Proses Instalasi Windows XP

Laptopnya (Net Book) di matiin dulu Im. Ini untuk menghindari flash disknya kemasukan virus dari NetBook mu. Kan Net Book mu terkenal tempat nongkrongnya virus. Setelah Mati, baru tancepin flash Disknya. Selanjutnya, hidupkan NetBook, tekan tombol Del atau F2 (tergantung tipe/BIOS Komputer, laptop, NetBook nya) untuk masuk ke menu Bios. Cari settingan untuk menentukan pilihan booting. Set USB FlashDisk untuk booting pertama. Save and exit. NetBook akan restart, kemudian akan tampil menu seperti gambar dibawah.





Silahkan pilih TXT Mode, lalu tekan enter. Masuk ke menu instalasi Windows XP seperti biasa. Setelah Proses formatting dan copy file ke harddisk, netbook akan restart. Biarkan saja proses booting berjalan pada Menu GUI Mode no 2, jangan pilih mode TXT lagi. Sampai di sini proses instalasi akan berjalan dengan sendirinya. Bila proses instalasi telah selesai, silahkan restart dan kembalikan settingan pada BIOS, Set Hard Disk untuk booting pertama. Selesai Im. Selanjutnya terserah, mau di apain tu NetBook.


Referensi : http://gocoding.com/page.php?al=petousb dan berbagai sumber

Gambar WindowsXP USB : http://photobucket.com/images/windows xp usb/

Filed Under: ,

Computer Tips

About the Author

Hai all, Welcome to Baru Tahu. This Blog Written in indonesian Languange and English next time, about Internet News And all Jobs Vacancy.

17 comments

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Baru Tahu says:

    Mudah-mudahan Bisa di mengerti Im, Dua kali percobaan, dua kali format komputer, tapi akhirny Gw Puas.

    Ni Link Download
    Driver Untuk Netbook Acer Aspire one AOA150

     
  2. Anonymous says:

    DVD ROM Drive bos, bukan DVD "Room". Lu kate kamar? kekekekek

     
  3. Baru Tahu says:

    Iya dech Gw ngaku salah, udah di perbaiki, thanks atas kritiknya.
    Sayang, tukang kritiknya seperti hantu kekekekek,,,
    Ga ada identitas.

     
  4. Anonymous says:

    Mohon Pencerahan!
    * Kalo Format hardisknya lewat mana boss??
    * Kalo mau repair saja gimana caranyaaa..??
    * Kalo Hardisknya di Partisi apa harus di format semua...???
    * Apa bisa di terapkan pada PentiumIII~450MHz / SD-RAM 128 MB

     
  5. Anonymous says:

    Gw coba dulu, ntar tak kasih komentar lagi.
    U/ sementara Thanx dulu yaaa....

     
  6. coyac says:

    makasih mas, setelah me lang lang buana mencari software nya, nie kaya nya yang berhasil....
    truz berkreasi mas !!

     
  7. Baru Tahu says:

    @ coyac

    Syukur klo berhasil, tp ada sedikit Problem saat Boot Pertama, silahkan baca lagi Problem Start Up Bootable Windows dengan Flash Disk biar Windowsnya bener2 Fix.

     
  8. Anonymous says:

    kalau flash disk diganti menggunakan HDD external apakah bisa ya? langkah2nya sama?

     
  9. Baru Tahu says:

    Coba dulu, kebetulan saya blm punya harddisk eksternal Om. Jadi belum bs ngepastiin bs ap ga. Tp klo menurut saya, sesuai dengan fungsinya yg sama2 di tancepin di slot USB, sprtinya bs pake cara ini.

     
  10. jestri says:

    bro, apa bisa tanpa CD installer Windows XP, tapi dari hasil download di situs Microsoft...?
    Plis di reply ych secepatnya, atau di e-mail ke jeztry@rocketmail.com krn PC saya dah minta di boot neh... thax sbelumnya atas sharing ilmunya n semoga smakin jaya lagi... :-)

     
  11. Jeri says:

    @ jestri

    Secara teori, klo pake cara ini ga bs bro. Harus pake cd Win XP.

     
  12. Anonymous says:

    bos,,,cara diatas sdh aku praktekan...tpi saat boting yg muncul kok safe mode & windos normaly...moho penjlasanya?..maksih

     
  13. Hadi says:

    WinXP hasil install dr Flashdisk ga bisa install Office 2007.. kalo install dr CD WinXP ga masalah.. Waktu buat Flashdisk WinXP menggunakan CD WinXP yg sama..

    Ada petunjuk???
    Mohon Pencerahan..

     
  14. Anonymous says:

    "Laptopnya (Net Book) di matiin dulu Im"
    Im tu apa ya??cara matiinnya gimana??

    mohon pencerahannya,
    ari

     
  15. Josesl16 says:

    buat yang di atas,
    mungkin maksud "Im" itu singkatan dari "BaIm" alias "Ibrahim(Mungkin)

     
  16. nana says:

    makasih..
    akhirnya bisa punya juga..:)

     
  17. eboesthea says:

    Makasih GAN,,, karya loe akui 100000000000000000000000000000 JEMPOL Dechhhh... GOOD LUCK..
    MAKASIH ILMUNYA SEMOGA BERMANFAAT YaAAAAAA.......

     

Leave a Reply